Alami Osteoporosis? Konsultasikan dengan dr. Wong Chung Chek

Cawarbonds – Nyeri pada bagian punggung kerap dialami oleh siapa saja. Namun bagi wanita lanjut usia, rasa nyeri terbut kerap terjadi akibat penurunan kepadatan kondisi tulang yang sering disebut dengan osteoporosis. Sebenarnya apa sih osteoporosis itu? Yuk tanyakan ke dr. Wong Chung Chek, dokter ahli atasi masalah osteoporosis.

Pengertian Osteoporosis

Osteoporosis merupakan sebuah sebuah kondisi di mana kualitas kepadatan tulang belakang mulai menurun. Kondisi yang satu ini cenderung membuat kondisi tukang belakang menjadi keropos dan rapuh. Penyakit osteoporosis biasnya dapat diketahui setelah terjadi keretakan pada bagian tulang belakang akibat jatuh ringan.

Penderita Osteoporosis di Indonesia

Di Indonesia sendiri, angka osteoporosis mencapai 23 persen untuk wanita berusia 50-80 tahun dan 53 persen untuk wanita yang berusia 70-80 tahun. Berdasarkan penelitian pada tahun 2006, risiko seorang wanita mengidap osteoporosis mencapai 4 kali lebih besar dibandingkan dengan risiko pada seorang pria.

Apa Saja Gejala Osteoporosis?

Pada umumnya, tidak ada gejala awal pada masa penurunan kepadatan tulang. Namun, beberapa kondisi juga dapat menunjukkan gejala terjadinya osteoporosis seperti postur tubuh yang bungkuk, nyeri punggung, penurunan tinggi badan, hingga sering terjadi cedera ataupun keretakan pada bagian tulang.

Berkurangnya kepadatan tulang tentunya dapat membuat tulang menjadi rentan untuk retak. Keretakan tulang biasanya terjadi di bagian pergelangan tangan, lengan, tulang pangkal paha, bahkan terjadi pada bagian tulang belakang. Apabila Anda mengalami gejala osteoporosis, segaralah berkonsultasi dengan dr. Wong Chung Chek.

Cara Mengurangi Risiko Terkena Osteoporosis

Pada umumnya, semua orang berisiko untuk terkena osteoporosis. Namun, Anda dapat mencegahnya dengan menerapkan pola makan yang sehat dan diserati dengan olahraga secara rutin. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium.

Mencegah Keretakan Tulang

Pada umumnya penderita osteoporosis dianjurkan untuk selalu mengonsumsi obat-obatan yang bertujuan untuk mencegah keretakan tulang. Pilihan pengobatan osteoporosis juga disesuaikan dengan tingkat risiko keretakan yang dimiliki. Pengobatannya sendiri didasarkan pada data hasil pemeriksaan DEXA dan usia.

Namun, bagi Anda yang telah didiagnosis menderita penyakit osteoporosis, sangat penting bagi Anda untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami cedera bahkan keretakan tulang. Penderita osteoporosis yang sudah lanjut usia sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis tulang belakang.

Apabila Anda telah mengalami keretakan tulang, ada beberapa cara yang dapat membantu memulihkannya. Caranya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan menggunakan air hangat ataupun dengan menyiapkan kantong kompres air dingin untuk merelaksasikan dan membantu proses pemulihan.

Selain itu, Anda juga dapat menanyakan kepada dokter mengenai bagaimana cara menjalani hidup bagi penderita osteoporosis jangka panjang. Anda juga dapat mencoba berkonsultasi untuk pertukar pikiran dengan psikolog ataupun penderita osteoporosis lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai osteoporosis. Lakukanlah gaya hidup sehat demi mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Apabila Anda mengalami gejala osteoporosis, segaralah berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang belakang. Melalui dokter.my, Anda akan mendapatkan perawatan yang sesuai.

Related Posts