Kenapa Sih Harga Jual di Toko Online Cenderung Lebih Murah?

Cawarbonds – Pernah belanja di toko online enggak sih? Pasti pernah dong! Nah, dewasa ini muncul semacam pendapat atau bisa dibilang sebagai kekhawatiran mengenai kualitas barang dari sebuah toko online. Konsumer biasanya membedakannya dari perbedaan harga.

Nah, toko-toko online ini cenderung mempunyai harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan toko konvensional. Apakah barangnya berbeda? Apakah kualitasnya berbeda? Ini lo alasannya!

toko online

1. Toko Online Tidak Banyak Modal

Alasan pertama mengapa harga jual barang secara online ini lebih murah adalah mengenai modal. Mari kita bandingkan antara keduanya. Toko offline alias toko konvensional pasti memerlukan sewa tempat lokasi, atau kalau lokasi tersebut mau dijadikan hak milik, maka modal yang harus disiapkan akan lebih banyak lagi.

Sedangkan toko online tidak memerlukan modal yang sebesar ini. Cukup bermodalkan akses internet dan sedikit kemampuan untuk apply dan daftar, kamu sudah bisa langsung berjualan.

Selain harga sewa, toko konvensional juga memerlukan stok barang yang banyak serta manekin dan beberapa peralatan lainnya untuk menunjang display mereka di toko. Nah, sedangkan online, kamu hanya perlu membeli 1 manekin dan sepaket aksesoris untuk difoto secara bergantian seandainya toko pakaian.

2. Biaya Penjaga Toko

Baik online maupun offline, sebenarnya bisa saja sih dikerjakan sendiri saja atau dengan meminta bantuan orang lain. Namun, jika kira mau bisnis berkembang dan sudah banyak pembeli, otomatis pasti kamu perlu karyawan penjaga toko.

Nah, mengenai biaya, kamu akan menghabiskan lebih banyak bujet untuk membayar jasa karyawan di toko offline daripada yang di toko online. Jika karyawan di toko online, kamu tentu saja tidak perlu mengadakan uang tambahan untuk makan siang misalnya.

3. Penjual Langsung Agen

Alasan ketiga, dan yang ini yang paling penting, penjual yang ada di toko online biasanya merupakan agen, bukan distributor tangan ke-2 atau bahkan ke-3. Nah, jelas dong kalau agen bisa lebih murah.

Itulah juga sebabnya mengapa kebanyakan toko online yang menjual suatu barang dengan harga yang lebih di bawah ini suka menerapkan minimal order. Mereka tidak bisa dibeli hanya 1 atau 2 pieces karena merek aadalah agen. Harga yang dibanderol pun lebih murah.

4. Lebih Mudah Dapat Diskon

Selanjutnya, mengenai 1 hal yang sangat disukai semua orang, yep, diskon. Toko offline biasanya tidak melakukan promo berupa diskon yang terlalu sering. Berbeda dengan toko online. Mereka rutin memberikan diskon. Jadi, kalau masih ada perbedaan harga, harusnya itu bukan karena kualitas yang lebih rendah atau apa melainkan bisa jadi karena diskon yangs edang digalakkan.

5. Adanya Support dari Pihak E-Commerce

Terakhir yaitu mengenai kerjasama penjual alias pemilik toko online dengan e-commerce atau pusat belanjanya. Contohnya saja di Blibli.com. Kamu tentunya bisa membuka tokomu sendiri di sana dengan syarat dan ketentuan yang  sudah ditentukan. Di sana, kamu akan dibantu untuk mempromosikan toko online-mu. Ya, intinya kamu akan mendapatkan sport yang bagus sekalid ari pihak Blibli.

Nah, demikian beberapa alasan yang membuat kenapa sampai ada perbedaan harga di antara keduanya. Di toko online seperti Blibli juga kamu bisa mendapatkan barang yang bahkan lebih berkualitas daripada konvensional. Jadi jangan ragu, kamu harus mencobanya terlebih dahulu. Happy shopping dan jangan lupa bahagia!

Related Posts