Mengatur Remote AC agar Bisa Dingin Secara Maksimal

Cawarbonds – Anda sebagai pengguna AC, pastinya menginginkan pendingin ruangan tersebut bisa bekerja maksimal sepanjang hari, kan? Hanya saja, kadang tidak bisa begitu. Anda harus sering panggil jasa service AC minimal 3 bulan sekali untuk menjaga kinerja AC. Selain itu. Anda juga bisa mengoptimalkan kinerja AC dengan mengatur remote AC-nya, kok! Bagaimana?

1. Pastikan Setting-an Mode Remote ke Posisis Tanda Bintang atau Cool

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar AC bisa bekerja maksimal adalah dengan memastikan setting­-an mode remote AC berada pada tanda bintang atau cool. Maksud dari tanda ini sendiri adalah untuk memastikan bahwa AC Anda berada pada mode yang benar. Kalau tidak, tentu saja AC Anda tidak bisa dingin.

Pada remote AC, ada beberapa mode di dalamnya. Salah satunya adalah mode fan yang mana AC hanya akan bekerja seperti kipas angin indoor saja karena mesin kompresornya tidak bekerja. Oleh sebab itu AC Anda tidak bisa menghasilkan dingin yang maksimal. Meski kelihatannya sederhana, ternyata ada banyak juga yang tak tahu tentang mode ini, lo!

2. Setting Temperatur pada Remote di Suhu 16 hingga 18 Derajat

Selain itu, agar kinerja AC Anda bisa maksimal dinginnya, maka setting-lah temperatur untuk ada di suhu 16 hingga 18 derajat celcius. Suhu seperti ini akan menjadikan mesin kompresor tidak mati dalam waktu yang lama. Dengan begitu, mesin kompresor akan bekerja dengan maksimal. Ketika suhunya sudah tercapai, kompresor itu akan mati sendiri.

Untuk AC yang bisa bekerja secara otomatis, di mana kompresornya bisa hidup dan mati sendiri untuk menyesuaikan suhu ruangan, hal ini tidak diperlukan. Sebab, ada thermistor yang bekerja mengatur suhu ruangan agar sesuai dengan selera Anda. Tapi, pastikan juga Anda terus menyervisnya dengan jasa service AC terbaik agar suhunya maksimal.

3. Setting Perputaran Kipas Fan ke Pengaturan Penuh

Lalu, Anda juga harus mengatur pengaturan kipas fan ke pengaturan penuh agar hawa dingin lebih cepat merata ke dinding ruangan. Sebab, cara kerja AC itu sebenarnya adalah pertama mendinginkan dinding terlebih dulu, barulah lantai. Jika sudah begini, maka rasa dingin tersebut akan sampai ke tubuh pengguna.

Hanya saja, pengaturan seperti ini akan membuat embusan angin mengenai langsung tubuh pengguna. Hal ini juga tak begitu baik untuk kesehatan tubuh Anda. Anda bisa lebih sering masuk angin bila mengaktifkan mode ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba memasang akririk AC untuk mencegah embusan angin mengenai langsung tubuh Anda.

4. Gunakan Pengaturan Swing yang Terus Bergerak

Cara lain agar AC bisa bekerja dengan maksimal adalah dengan menggunakan pengaturan Swing yang yertis bergerak. Maksud Swing itu adalah daun AC yang bisa terbuka dan menutup ketika AC dinyalakan dan dimatikan. Inilah yang harus Anda atur agar terus bergerak ke atas dan ke bawah agar dinginnya bisa maksimal.

Cara mengatur Swing agar terus bergerak ini pun mudah. Anda hanya perlu menekan tombol Swing pada remote AC yang bertuliskan Switch Speed saja. Cari pengaturan pilihan Swing terus bergerak naik turun pada layar sehingga ruangan Anda bisa dingin sempurna.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar AC bisa dingin sempurna menggunakan pengaturan remote AC. Kalau ternyata cara tersebut masih gagal, Anda bisa panggil jasa service AC sejasa.com untuk membantu. Jangan terlalu ngotot melakukannya sendiri karena bisa saja ada masalah yang terjadi pada AC yang tak Anda tahu.

Related Posts