Menikmati Hari Raya Qurban sesuai Sunnah

Cawarbonds – Hari raya Qurban akan segera tiba. Hari raya qurban atau Idul Adha ini menjadi satu hari yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada saat inilah umat muslim akan merayakan kebersamaan dimulai dari sholat Ied hingga menyembelih hewan qurban.

Hari raya Idul Adha disebut pula hari raya qurban karena pada hari tersebut umat Islam akan menyembelih hewan qurban. Hewan qurban yang bisa disembelih adalah hewan ternak mulai dari kambing, domba, sapi, dan unta. Penyembelihan hewan qurban dilakukan setelah sholat Idul Adha dan masih bisa dilakukan tiga hari setelah hari raya Idul Adha.

Pada hari raya Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang perlu dilakukan oleh umat Islam. Agar perayaan Idul Adha menjadi lebih sempurna maka umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan sunnah. Kali ini kita akan membahas amalan sunnah apa saja yang bisa dilakukan ketika hari raya Idul Adha tiba.

Amalan Sunnah di Hari Raya Qurban

Berikut adalah beberapa jenis amalan sunnah yang bisa dilakukan di hari raya Qurban :

1. Mengumandangkan Takbir

Disunahkan bagi umat muslimuntuk mengumandangkan takbir di masjid dan mushala serta di rumah-rumah mereka pada malam menyambut hari raya Idul Adha. Takbir bisa mulai dikumandangkan sejak matahari terbenam hingga imam naik ke mimbar untuk memberikan khotbah hari raya Idul Adha. Takbir bisa terus dikumandangkan hingga hari terakhir hari tasyriq.

2. Membersihkan Diri

Sebelum sholat Idul Adha, disunahkan bagi umat muslim untuk membersihkan diri terlebih dahulu. Membersihkan diri yang dimaksud di sini adalah dengan mandi agar ketika melaksanakan sholat Ied, tubuh lebih bersih dan segar serta bebas dari segala macam bau yang tidak sedap.

3. Memakai Pakaian Terbaik

Disunahkan bagi umat muslim untuk memakai pakaian terbaik mereka ketika merayakan hari raya Idul Adha. Tidak perlu baru, yang penting adalah pakaian terbaik yang rapi dan tentu saja sopan. Sebagian ulama juga mengatakan bahwa akan lebih baik jika pakaian terbaik yang dipakai saat sholat Idul Adha adalah pakaian yang berwarna putih.

4. Berangkat Lebih Awal

Disunahkan untuk berangkat ke lokasi sholat Idul Adha lebih awal agar tidak terlambat mengikuti sholat. Selain itu, dengan berangkat lebih awal anda juga bisa mendapatkan shaf terdepan dan bisa ikut mengumandangkan takbir bersama-sama dengan jamaah lainnya.

5. Makan setelah Sholat

 Disunahkan bagi umat muslim untuk makan setelah selesai menunaikan sholat Idul Adha. Jika pada hari raya Idul Fitri disunnahkan untuk makan sebelum sholat maka pada hari raya Idul Adha, anda disunnahkan untuk makan setelah pulang dari sholat.

6. Tidak Makan sebelum Sholat

Umat muslim disunnahkan untuk makan setelah sholat namun disunnahkan untuk tidak makan sebelum melaksanakan sholat. Jadi pastikan sebelum sholat Idul Adha anda tidak makan apapun terlebih dahulu.

Itulah beberapa jenis amalan sunnah yang bisa anda lakukan ketika merayakan hari raya Idul Adha. Amalan sunnah akan memberikan pahala bagi anda jika anda menjalankannya. Namun, jika anda tidak menjalankan amalan sunnah seperti yang sudah dibahas di sini juga tidak berdosa.

Jadikan hari raya idul Adha sebagai sebuah momen yang penuh dengan kesan. Selain memberikan qurban, anda juga dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan sunnah agar terasa lebih lengkap dan sempurna. Semoga dengan menjalankan amalan sunnah tersebut anda mendapatkan keberkahan yang melimpah dari Allah SWT di hari raya Qurban.

Related Posts