Penyebab dan Gerakan Latihan Pasca Total Knee Replacement

Cawarbonds – Setelah operasi penggantian lutut dilakukan pada penderita Osteoarthritis atau OA. OA merupakan penyakit seeperti peradangan sendi, yang menyebabkan tulang rawan mengalami kerusakan atau degenerasi. Biaya operasi TKR ini cukup mahal, namun banyak yang sudah melakukannya.  Berikut gejala dan gerakan latihan setelah melakukan operasi lutut.

Gejala Osteoarthritis

Gejala penyakit ini cukup beragam. Pertama, Anda akan merasakan nyeri lutut yang mendadak meski tanpa adanya riwayat cidera di bagian yang sama. Gelaja selanjutnya biasanya pada pagi hari otot terasa kaku disertai nyeri tetapi saat siang nyeri tersebut akan mulai hilang. Ketiga, lutut bengkak dan terasa hangat saat disentuh.

Agar dapat melihat gejala dari penyakit ini, juga bisa dilakukan dengan cara medis yaitu dengan rontgen. Anda bisa pergi ke rumah sakit dan melakukan rontgen, maka akan terlihat penipisan tulang rawan (cartilago) di bagian lutut Anda yang sakit. Gejala ini akan hilang jika sudah melakukan Total Knee Replacement, yaitu penggantian total sendi lutut.

Gerakan Latihan Setelah Operasi Penggantian Sendi Lutut

total knee replacement

Hari pertama, Anda harus ekstra dalam menjaga kesehatan. Setelah melakukan operasi, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan. Hal ini hanya akan membuat waktu sembuh lebih lama. Beberapa gerakan bisa dilakukan sebagai cara pemulihan pasca operasi. Pertama, tarik napas dalam kemudian lakukan gerakan tangan, gerakan lutut yang tidak dioperasi.

Sebelum 24 jam setelah melakukan Total Knee Replacement, Anda jangan duduk karena obat bius masih bekerja, terutama karena pembiusan yang disuntik pada bagian pinggang. Anda boleh melakukan gerakan yang sangat ringan missal memiringkan badan ke kanan dan kiri. Cara ini berguna untuk melemaskan otot-otot tubuh.

Hari kedua, Anda sudah boleh duduk di tepi kasur sambil memposisikan lutut menjuntai ke bawah. Saat hari kedua memang belum terlalu banyak gerakan yang diperbolehkan. Namun, sebaiknya gunakan kursi atau apa pun untuk menopang kaki Anda untuk berlatih berjalan.

Hari ketiga, Anda sudah boleh melakukan gerakan yang lebih banyak. Namun, Anda harus tetap berhati-hati agar luka operasi tidak bertambah parah. Anda bisa berjalan menggunakan alat bantu. Selain itu, belajarlah menapakkan kaki meski hanya sebagian.

Hari keempat, Anda bisa meminta tolong anggota keluarga untuk mengawasi Anda tiap belajar jalan. Anda bisa berjalan dengan menyusuri tembok ruangan atau dengan dituntun oleh salah satu anggota keluarga. Cara ini harus dilakukan secara rutin agar Anda bisa segera pulih. Otot kaki setelah dioperasi akan mengalami kaku, dengan gerakan kecil akan bisa lebih membantu.

Jika Anda memiliki kondisi lutut yang sudah mengalami pengapuran, maka operasi bisa dilakukan. Biaya operasi TKR memang cukup mahal, tapi operasi ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk sembuh dari OA. Meski lutut tidak kembali seperti orang normal pada umumnya, namun jauh lebih baik jika dibanding saat Anda mengalami sakit.

Related Posts